Sabtu, 25 Agustus 2012

Review Samsung Galaxy Mini 2 aka Jena


Jika sebelumnya Samsung membidik entry level dengan seri Mini-nya, Samsung Galaxy Mini 2 S6500 bisa dikatakan sebagai penyempurnaan atau peningkatan dari Samsung Galaxy Mini edisi pertama. Yang membedakan dari keduanya adalah Galaxy Mini 2 mengadopsi layar yang sedikit lebih luas (hanya beda 0,13 inci), design yang sedikit berbeda, serta ketebalan yang lebih tipis.Peningkatan yang paling terlihat ada pada sisi penggunaan processor, memori storage, serta OS nya. Seperti apa performa ponsel yang berjuluk Jena ini?

Desain

Dimensi: 109.4 x 58.6 x 11.6 mm; Berat: 105.3 g;
Samsung Galaxy Mini 2 mempunyai desain yang lebih membulat dibanding Samsung Galaxy Mini, dengan kombinasi tombol depan malah mirip dengan Samsung Galaxy S. Secara umum, keempat sudutnya membulat dengan terkesan mungil. Terdapat tombol navigasi di bawah layar, yang diapit oleh 2 softkey menuju ke Setting dan Back. Terdapat hotswap MicroSD dan tombol volume di sisi kanan ponsel.

Sementara di sisi kiri, terdapat tombol penguncian. Pada bagian bawah terdapat port Micro USB. Mengesankan trendi, saat Anda menilik komposisi warna pada casing. Meskipun dominasi material plastik solid, tetap nyaman digunakan. Terdapat extra casing di kotak penjualan, Anda dapat fleksibel memilih warna, entah kuning atau abu-abu gelap.

Interface dan Layar

Display: TFT capacitive touchscreen, 16 juta warna, Screen 320 x 480 pixels, 3.3 inches (~ 175 ppi pixel density)Color screen Super AMOLED capacitive touchscreen, multitouch;
Samsung Galaxy Mini 2 dibekali dengan layar sentuh HVGA TFTF berukuran 3,3 inci telah disiapkan untuk mendukung kinerja smartphone ini. Menilik dimensi layarnya, sedikit lebih luas (hanya beda 0,13 inci). Dari Samsung Galaxy Mini. Dukungan super screen AMOLED dan multitouch, memberikan pengalaman dan input text yang cukup menyenangkan di ponsel ini.

Dengan platform Android™ Gingerbread 2.3, dan antarmuka TouchWiz yang intuitif. Anda akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat membuka beragam halaman menu.

Hardware

Prosesor: Qualcomm MSM7227, 800 MHz, GPU Adreno 200;
Dengan prosesor 800Mhz yang mampu menangani banyak fungsi dan aplikasi dengan mudah. Anda tidak perlu khawatir prosesornya akan mampu merespon dengan cepat dan ber-multitasking. Selain itu terdapat fungsi WiFi dan HSDPA untuk kepentingan internet di smartphone ini. Fungsi internet milik Samsung Galaxy Mini 2 sudah bisa mengakomodir HSDPA dengan speed hingga 7.2Mbps.

Internet dan Koneksi

Konektivitas: GPRS/ EDGE ; Speed HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 2 Mbps;  Wi-Fi 802.11 b/g/n,DLNA,Wi-Fi hotspot, Bluetooth v3.0 with A2DP, microUSB v2.0;
Untuk memudahkan Anda transfer data antar perangkat, terdapat beragam fitur koneksi yang lumayan lengkap di ponsel ini, bahkan hingga kemampuan berbagi WiFi hingga ke beberapa perangkat. Proses transfer data dan pairing berjalan lancar tanpa kendala. Tak hanya itu, Samsung Galaxy Mini 2  dilengkapi dengan USB 2.0 yang mendukung koneksi cepat untuk men-transfer file dengan mudah dan selain itu juga tersedia Bluetooth v 3.0 + yang menawarkan koneksi nirkabel kecepatan tinggi kepada peralatan lain seperti headset, printer, PC dan perangkat lainnya.

Jangan khawatir dengan performa jelajah internetnya, saat PULSA mencoba membuka web bermuatan video tidak ditemukan kendala yang berarti. Pinch zoom layar untuk mendapatkan tampilan yang maksimal.

Fitur ChatOn yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Mini 2 memungkinkan pemilik ponsel untuk menggunakan berbagai platform dan bisa chat melalui Instant Messaging dan chatting kelompok (chat group). Terdapat juga Social Hub disana, yang memungkinkan tampilan pengguna email, IM dan komunikasi sosial semua satu dalam kotak. Dan Hub Musik-nya membawa akses mudah ke lebih dari 17 juta lagu. Dan Hub Laga yang membawa pengguna ke dalam game online terbaru.

Kamera dan Video

3.15 MP (2048×1536 pixels) Geo-tagging, Video, rekam Video VGA@25fps; MP4/H.264/H.263 player

Di sektor inilah PULSA awalnya sedikit mencurigai pembubuhan nama “Jena”. Seperti diketahui, Jena adalah adalah kota dengan tradisi industri yang sangat sibuk yang terletak di Thüringen, Jerman dan terletak di tepi Sungai Saale. Jena mengkhususkan diri pada industri peralatan pengukur, obat-obatan (farmasi), peralatan optika, dan terkenal sebagai produsen peralatan fotografi. Industri optika terkemuka Zeiss berpusat di kota ini. Ternyata, dugaan PULSA keliru.

Karena kamera yang digunakan oleh Samsung Galaxy Mini 2 adalah kamera bawaan Samsung biasa. Kualitas jepretan dalam ruangan masih terlihat berkabut, dan hasil sedikit baik saat menjepret luar ruang. Sedangkan pada video player, kualitas rekaman videonya cukup baik dan didukung audio yang jernih. Kualitas rekam videonya dengan resolusi VGA, cukup baik dan dapat meminimalisir efek patah-patah.

Audio

Radio (Stereo FM radio with RDS), MP3/WAV/eAAC+/AC3/FLAC player
Samsung Galaxy Mini 2 dilengkapi dengan Radio FM memberikan hiburan audio tanpa biaya untuk menikmati lagu dan berita terbaru, ditambah lagi dengan dukungan RDS unuk menampilkan ragam info dari radio atau lagu yang sedang on-air. Bila ingin mendengarkan musik, cukup plug-in headset Anda ke dalam 3,5mm audio jack.

Di sektor audio player, meskipun tampilan pemutar musiknya tidak berbeda jauh dengan seri Galaxy lainnya yang menampilkan album art, dan seperangkat audio panel. Terdapat setting music equalizer yang tergolong lengkap di dalamnya. Selain bekerja multitasking, kualitas semburan audionya kuat dan bulat (tidak pecah) meski volumenya diposisikan maksimal.

Benchmark

Antutu Benchmark v2.7.3
Untuk menguji kemampuan CPU dan kualitas grafis di ponsel murah meriah ini, PULSA melakukan  serangkaian test via Antutu Benchmark. Samsung Galaxy Mini 2 berhasil mengukir angka 2368, dengan posisi di bawah Sony Ericsson X10i. Sedangkan saat dilakukan pengujian kinerja grafis game dan gambar bergerak  dengan Nena Mark 1, ponsel ini memperoleh angka 54,1fps.

Kesimpulan
Samsung Galaxy Mini 2 mungkin akan mengikuti jejak sukses seri pendahulunya, Samsung Galaxy Mini yang sudah terlebih dahulu dirilis setahun yang lalu. Samsung Galaxy Mini 2, yang juga memiliki seri S6500 Jena adalah versi update dari Samsung Galaxy Mini dengan penambahan beberapa fitur yang lebih wah. Dibanderol dengan harga yang rasional, dan kualitas produk yang prima, smartphone ini bisa direkomendasikan bagi Anda pecinta Android berbudget terbatas. (Nariswari)

(+)
• Kinerja CPU dan browser stabil untuk internetan
• Koneksi lengkap
• Harga terjangkau
• Multitouch
• Hotswap microSD

(-)
• Virtual keypadnya kecil
• Kamera tanpa disertai LED Flash dan kamera depan

Sumber : http://www.tabloidpulsa.co.id/review/4121-review-samsung-galaxy-mini-2-aka-jena-mencoba-kembali-sukses-si-mini?showall=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar