Sabtu, 25 Agustus 2012

Review LG Optimus L7P705

Setelah diperkenalkan pada ajang Mobile World Congress di bulan februari lalu, LG kini telah siap untuk memasarkan L7 yang telah dibekali pula dengan OS teranyar Ice Cream Sandwich. Mengusung desain yang stylish, LG melepas L7 dikisaran harga 3 juta. Hadir dengan 2 pilihan warna, putih dan hitam, L7 siap memikat konsumen tanah air dengan antarmuka yang khas serta pembekalan kamera yang cukup mumpuni. Lantas seperti apakah kinerja sebenarnya dari L7? Silakan simak ulasan berikut:

Desain

Dimensi: (WxDxH) :125.5 x 67 x 8.8 mm; Bobot: 122 g
Sebagai pengusung L Series, L7 mengambil bentuk persegi yang dengan bezel metalik silver disekeliling bodinya. Lapisan plastik bertekstur kasar pada bagian belakang membuatnya sangat nyaman kala digenggam. Secara umum, sudut bodi bagian atas L7 jauh lebih tajam dibanding sudut bodi bagian bawahnya yang cenderung tumpul.

Meski sudah mengusung Android 4.0 Ice Cream Sandwich, L7 masih memiliki beberapa tombol di bawah layarnya. Di bawah layarnya, L7 dilengkapi dengan satu tombol fisik home yang diapit oleh dua tombol sentuh sensitif, back dan menu.

Pada sisi atas L7 terdapat port audio 3,5mm yang bersanding dengan tombol power/lock. Mengatur besaran volume dapat Anda lakukan dengan menekan tombol pada sisi kiri L7. Sementara untuk lubang charger, Anda dapat menemukannya pada bagian bawah. Sedangkan di bagian belakang, hanya terdapat lubang kamera dengan kelengkapan lampu flash.

Hardware

Qualcomm MSM7227A Snapdragon1 GHz Cortex-A5;GPU:Adreno 200; RAM 512MB, 4GB Storage (2,67GB User Available), Up to 32 GB MicroSD Card
Agar dapat menjalankan OS teranyar, LG melengkapi L7 dengan prosesor 1GHz, yang didukung pula dengan RAM sebesar 512MB serta GPU Adreno
200. Sayang, dengan harga 3 juta, LG belum menyertakan prosesor berkecepatan 1,4GHz seperti yang dimiliki oleh Galaxy W misalnya.

Sementara untuk ruang penyimpanan, L7 datang dengan memori internal bawaan sebesar 4GB yang memiliki ketersediaan penggunaan sebesar 2,67GB. Tentu saja Anda masih dapat menyisipkan kartu microSD berkapasitas maksimal 32GB ke slot memori yang dimilikinya.

Interface dan OS

Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich, 4,3" 480 x 800 piksel, IPS LCD16 JutaWarna(~217 ppi) Gorilla Glass.

Mengusung layar sentuh berlapis Gorilla Glas dengan diagonal 4,3 inci, L7 menghadirkan interface yang terdiri dari 5 buah halaman homescreen dengan efek perpindahan halaman atau swipe effect yang beragam. Anda dapat memilih 7 buah efek berbeda seperti carousel, accordion, panorama, jenga dan sebagainya yang terdapat di menu home screen di bagian pengaturan.

Masuk ke halaman menu, Anda akan disuguhi dengan beragam ikon berformat  grid horisontal yang disajikan dengan latar wallpaper yang Anda gunakan pada homescreen. Deretan ikon menu yang disematkan dibagi dalam tiga kategori yakni application, downloads dan widget.

Kamera dan Video

Kamera:5 MP, 2592 x 1944 piksel, Sekunder: VGA, 16:9; video:VGA@30fps, geotagging

Di sektor fotografi, L7 tampil bergaya dengan kamera beresolusi 5 megapiksel yang dibekali dengan lampu flash serta fitur autofocus. Anda juga dapat mengambil gambar dengan mode panorama atau continuous shot.

Sederet setting tambahan seperti ISO, white balance, timer, picture size dan scene mode telah pula disematkan oleh LG. Untuk memotret, Anda dapat menggunakan tombol shutter virtual ataupun tombol volume yang berfungsi ganda sebagai tombol shutter fisik serta pengatur volume.

Untuk ukuran kamera dengan resolusi yang cukup tinggi 5 megapiksel, gambar yang dihasilkan kurang detail serta memiliki noise yang cukup tinggi ketika digunakan untuk mengambil gambar di dalam ruangan.

Sedangkan untuk merekam gambar bergerak, L7 ternyata hanya mampu mengambil gambar dengan resolusi sekelas VGA berkecepatan frame 30.

Multimedia

Audioplayer : AAC, FLAC, M4A, MP3, OGG, WAV, WMA; video player : 3GP, DiVx,FLV, M4V,MKV,  MP4; Radio FM; AudioRecorder, Radio FM.

Di sektor hiburan, L7 dapat Anda gunakan untuk mendengarkan musik dalam beragam format populer yang digolongkan menurut kategori lagu, album, artist dan folder. Sayang sekali agar Anda dapat mengatur efek suara sesuai lagu yang diputar, Anda harus lebih dulu mencolokkan headset yang disertakan.

Sementara untuk pemutar videonya, L7 sanggup memutar video beresolusi VGA dalam beragam format yang populer. Sayang sekali, lagi-lagi Anda harus kecewa disini karena tak dapat menonton video HD720p dengan menggunakan L7.

Internet dan Konektivitas

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900HSDPA 900 / 21007,2Mbps;Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v3.0 A2DP, Wi-Fi Direct, DLNA, dan MicroUSB

Dengan menggunakan browser bawaan yang dimilikinya, Anda dapat membuka 4 halaman sekaligus. Sementara untuk dukungan flash player, Anda harus melakukan instalasi sendiri dari Play Store.

Sedangkan untuk keperluan transfer data, Anda dapat memanfaatkan bluetooth atau kabel data. Begitu Anda menghubungkan kabel data ke PC, Anda akan diminta untuk memilih jenis koneksi yang Anda inginkan apakah sebagai media penyimpan, PC Software atau sekadar mengisi ulang baterai.

Anda juga dapat menggunakan koneksi DLNA yang ditunjang dengan LG Smartshare untuk menonton video secara wireless via TV HD yang mendukung.

Fitur Unggulan

Google Play, Google Search, Youtube, Gmail, LG Smart World.

Selain telah dijejali dengan aplikasi native Android seperti Play Store, Google search, YouTube, Google Maps dan Gmail, L7 juga sudah dibekali dengan sensor magnet kompas.

Untuk mengelola dokumen, LG telah membekalkan Polaris Office versi full. Selain dapat membuka, pengguna juga dapat membuat dan mengedit dokumen baru. Uniknya, Anda juga dapat menggambar dengan memanfaatkan akses sentuh dan menyimpan gambar yang Anda lukis dalam format doc. LG juga menyematkan LG Smart World yang berisi aplikasi yang disediakan khusus untuk ponsel besutan LG.

Benchmark

Antutu Benchmark: 2955 Quadrant Standard Edition: 1951 Nenamark 1: 46.0 fps Nenamark 2: 19,3 fps

Hasil pengukuran kinerja dengan menggunakan Antutu Benchmark memperoleh poin 2955. Dari grafik dapat disimpulkan bahwa performa L7 berada di atas Samsung Galaxy S serta berada di bawah Samsung Google Nexus S.

Sementara pengukuran kinerja dengan menggunakan Quadrant Standard berhasil mengumpulkan skor sebesar 1951 yang membuatnya lebih unggul dari HTC Desire HD.

Kelebihan
• Layar Jumbo dengan Gorilla Glass
• OS Teranyar
• Koneksi DLNA dengan LG Smartshare
• Polaris Office Versi Full

Kekurangan
• Hasil Potret Kurang Bagus
• Layar Tanpa Setting Autobrightness
• Hasil Rekam Sebatas VGA
• Video playback Cuma VGA

Kesimpulan

Kemunculan LG Optimus L7 dipastikan akan semakin memanaskan persaingan di ranah ponsel Android kelas tengah. Agar dapat bersaing dengan Galaxy W, LG telah siap dengan amunisi barunya L7 yang telah dipersenjatai dengan layar jumbo berlapis kaca anti gores Gorilla Glass. LG juga tak lupa menyuntikkan OS teranyar, Android 4.0 agar dapat berada selangkah lebih maju dari Galaxy W besutan Samsung. Sementara itu dari sisi hardware, L7 nampaknya harus mengakui keunggulan Galaxy W yang telah dibekali dengan prosesor 1,4GHz.

Sumber : http://www.tabloidpulsa.co.id/review/4594


Tidak ada komentar:

Posting Komentar