Selasa, 06 September 2011

Kiat Memilih Motor Bekas

Pilihan Motor Bekas Kondisi Fresh

OTOMOTIFNET - Kendaraan roda dua seken dengan kondisi fresh masih menjadi sajian kami. Tak hanya skutik yang terkenal praktis, motor sport bermesin gahar pun ada. Untuk yang masih suka naik bebek juga tersedia. Silakan pilih sesuai kebutuhan dan dana Anda.
Skutik
Memiliki skutik 115 cc ini memang menyenangkan. Pasalnya, ‘kuda besi’ ini termasuk salah satu motor yang gampang dimodifikasi, karena komponen mesin, aksesori kaki-kaki dan bodi sangat mudah ditemukan di pasaran.

Mau ikutan memodifikasi? Tak harus menebus unit baru. Bisa pilih unit sekennya, kenapa? Karena sisa dana bisa untuk belanja aksesori yang diincar. Namun sebelumnya mesti perhatikan penyakit yang sering menghinggapi Mio.

“Roller mudah peyang, lalu mangkok kopling ganda aus yang berakibat akselerasi lambat. Lalu kabel koil sering error lantaran putus di dalam,” terang Hasan Basri dari bengkel Hasan Motor di kawasan Kelapa Dua, Jakbar. Makanya sebelum meminang harus lakukan test ride.
Orisinal KW
Kampas rem depan 45.000 20.000
Kampas rem belakang 40.000 20.000
Keteng 65.000 -
Busi 12.000 -
Piston dan ring
117.000 -
Roller 1 set
114.000 50.000
Filter udara
30.000 -
Sumber: R59 Jl.Dewi Sartika No.32D Ciputat Tangerang 021-7430062

Sport
Motor sport dengan mesin 2 silinder ini, sampai sekarang masih menjadi primadona di kalangan pengendara roda dua. Lantaran aura yang dibawa paling mendekati tampilan moge. Bodi mengadopsi fairing sporti dengan suara knalpot khas mesin multisilinder.

Jika berminat memboyongnya ke rumah, dana yang dibutuhkan tergolong tak sedikit, sekitar Rp 46,5 juta. Ingin lebih irit? Tebus yang seken keluaran 2010, saat ini berkisar Rp 42,5 juta. Itu pun dengan jaminan kondisi masih sangat bagus.

Namun tetap ada yang perlu diwaspadai. “Paling tidak periksa kondisi kampas rem, biasanya sudah menipis, wajib diganti demi keselamatan,” wanti Tomi Bramudia, dari salah satu bengkel spesialis Ninja, Ngayun Speed, Kebon Jeruk, Jakbar. Gampang menipisnya kampas rem disebabkan mesin kencang, dengan bobot motor lumayan besar. Sehingga kinerjanya relatif berat.
Orisinal
Kampas rem depan 205.000
Kampas rem belakang 205.000
Kampas kopling 800.000/biji
Gear set
1.550.000
Filter oli
40.000
Filter udara 37.000
Sumber: Kawasaki Central Ciledug Jl Hos Cokroaminoto No. 35A-B Ciledug Tangerang 021-7309589

Bebek
Dunia balap menjadi magnet bagi kaum muda. Tercermin pada ba­nyaknya modifikasi yang bertema adu kencang tersebut.

Pabrikan pun menangkapnya sebagai peluang bisnis. Terlihat dari keluarnya tipe bernuansa balap dunia. Salah satunya Honda Blade motif Repsol, yang mengambil livery tim Repsol Honda di kancah MotoGP.

Mau ikutan tampil ala pembalap dengan harga terjangkau? Kunjungi saja gerai motor bekas. Saat ini cukup mudah ditemukan. Namun, perhatikan beberapa hal, agar tak menyesal di kemudian hari.

“Daleman mesin jarang yang dioplos, lantaran basis mesin beda dengan pendahulunya. Perlu dicermati justru sasis dan kaki-kaki, pastikan bukan bekas tabrakan. C­irinya roda depan-belakang lurus dan saat dinaiki stabil,” terang Agustinus P, mekanik bengkel Nero Speed, di Purwokerto.
Orisinal
Kampas rem depan 36.000
Kampas rem belakang 26.500
Kampas Kopling 80.000/set
Gear set
163.500
Piston
38.000
Ring piston
93.000
Keteng
28.000
Sumber: AHASS Clara Motor Jl. Arteri No.5 Kebon Jeruk Jakbar 021-99012002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar