Jumat, 30 Mei 2014

Cara Merawat Kaliper Cakram Depan


Mungkin ini pernah Anda alami, di mana saat handle rem depan ditarik dan ban depan seperti berhenti mendadak alias ngelock. “Kalau memang pernah mengalami hal tersebut, itu jadi tanda ada masalah pada sistem pengereman bagian depan,” kata Taufik H, dari dirt bike shop 234 Motor di Cinere, Depok.

Menurut pria yang akrab disapa Gonce, permasalahan timbul lebih ke bagian daleman kaliper. “Terutama pada bagian pistonnya. Ada yang double piston, juga ada yang single,” paparnya. Ganti kaliper? Enggak perlu sampai segitunya keles. Cukup bersihkan saja bagian pistonya, dengan cara seperti ini.

1. Part di dalam kaliper bermasalah, membuat sistem pengereman bekerja enggak maksimal dan cenderung membahayakan. Masalah itu ditimbulkan dari part yang namanya piston.

2. Piston itu yang menonjok kampas rem dan letaknya ada di balik kampas rem sisi dalam. Untuk melakukan perawatan piston, kampas rem perlu dilepas dahulu dengan melepas baul L yang mengunci kampas rem.


3. Setelah lepas, baru terlihat piston kaliper dan karat yang biasanya membuat part tersebut mengalami masalah. Sedikit keluarkan piston tersebut dengan memompa handle rem atau menariknya dengan tang.


4. Bersihkan permukaan piston dari karat, perlu bantuan sikat kawat untuk melakukan hal tersebut. Setelah karatnya hilang, bersihkan piston tersebut dengan bensin dan rakit kembali part yang ada pada kaliper.


5. Sehabis bersih-bersih piston di kaliper, jangan lupa cek minyak rem yang ada dalam master rem. Seperti biasa, minyak rem berkurang karena kegiatan itu.

 

Sumber : http://motor.otomotifnet.com/read/2014/05/31/349879/226/27/Perawatan-Mekanisme-Kaliper-Rem-Depan-Cegah-Piston-Macet