Rabu, 27 Juli 2011

Hugger Byson Di Ninja 250R Keren, Gaya Dan Murah

Tips Modifikasi

Hugger Byson Di Ninja 250R Keren, Gaya Dan Murah


Hugger Byson, murah dan gampang dipasang
Ini bentuk virus baru yang akan digemari oleh para pemilik Kawasaki Ninja 250R. Dengan biaya yang relatif murah dan pengerjaan yang gampang, tampilan Ninja sudah langsung terlihat berbeda. Khususnya untuk wilayah roda belakang yang sudah ganti sepatbor ini.

Sepatbor seperti ini acap disebut hugger. Yamaha sudah melengkapi Byson dengan komponen begini. Sementara Ninja 250R terlihat cupu alias culu punya karena hanya menggunakan penutup rantai. "Setelah diperhatikan secara ukuran, eh bisa juga digunakan di Ninja," kata Ko Shandi, mekanik dari bengkel BMS dari Palmerah, Jakarta Barat. Ukuran yang dimaksudnya tadi adalah lebarnya arm dan ukuran ban belakang standar.

Langkah pertama, tentu beli dulu hugger milik Byson ini di jaringan 3S Yamaha, atau bisa juga di toko spare-parts umum. "Jangan kaget ya, harganya murah banget. Tidak sampai Rp 30 ribu," kata pria berkacamata ini.

Komponen yang memiliki part number 45P-F1650-00 ini di daftar harga resmi yang dikeluarkan Yamaha hanya dibanderol Rp 28 ribu. Murah, toh!

Step awal tentunya melepaskan tutup rantai standar Ninja. Ada dua baut yang bisa dibuka dengan kunci T 10. Jika sudah lepas, coba tempatkan posisi hugger Byson tadi. Pasti pas dengan arm standar dan juga ban belakang jika belum menggunakan ban extra lebar.

Untuk dua baut yang di sebelah kiri, tidak ada masalah. "Karena baik ukuran maupun posisinya sudah pas, sehingga baut ukuran 10 tadi bisa langsung dipasang kembali," tambah pria kurus ini.

Jika ingn memasang baut di sebelah kanan baru ada sedikit yang berbeda. Tapi, jangan panik dulu, Bro. Ini hanya masalah kecil yang bisa diselesaikan dengan mudah.

Braket hanya untuk sisi kanan
"Ada perbedaan posisi baut antara arm dan hugger, karena itu kita harus buatkan semacam braket atau dudukan baru sehingga bisa menyatu antara kedua komponen ini," cuap Andi lagi.

Braket yang dimaksud dibuat menggunakan bahan pelat dengan besi atau aluminium dengan ketebalan hanya 1-1,5 mm. "Jangan terlalu tebal sebab nantinya malah jadi terlihat tidak rapi," ceritanya.

Langkah berikut, pelat tadi dilubangi di dua ujungnya. "Jarak antar lubang tadi harus disesuaikan lubang baut di hugger dan juga di lengan ayun," tambah pria rajin modifikasi lampu dan kelistrikan. Di arm menggunakan baut yang dipakai untuk dudukan pengikat slang rem.

Tentu saja lubang baut di braket ini harus disesuaikan lagi dengan aslinya. Artinya tetap menggunakan baut dengan ukuran10. Jika sudah, selanjutnya tinggal dipasang untuk menyatukan hugger dengan arm di sisi kanan.

Buat para modifikator dan juga penikmat modifikasi, trik ini pasti menarik untuk dicoba. Sedangkan bagi produsen hugger Ninja siap-siap tersaingi!

Sumber : Otomotif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar