Senin, 18 Juli 2011

Blackberry Turun Harga


Nama Blackberry sudah cukup populer jika disandingkan dengan brand besar lainnya. Apalagi untuk pengguna ponsel pintar pasti sudah tidak asing dengan smartphone yang banyak digunakan oleh remaja hingga orang dewasa ini. Kepopuleran BlackBerry yang tinggi menjadikan beberapa produk lain terlihat seperti mengikuti, yang paling banyak adalah desain yang diusung oleh BlackBerry yang banyak diikuti khususnya oleh brand lokal.
Contoh paling mudah seperti bodi ponsel hingga keypad Qwerty yang kini banyak menjadi pilihan pembeli karena kemudahannya dalam mengetik. Namun bagaimana nasib BlackBerry setelah makin berkembangnya sistem operasai lain?.Dipasar Global pun RIM ( Research in motion ) sendiri terus turun. Jika dilihat pasar Amerika saja. BlackBerry yang cukup mendapat lawan dari iPhone kini memiliki lawan baru yaitu Android yang tangguh dan sedang maju pesat.
Fenomena Android menggeber produknya belakangan ini yang semakin canggih dan banyak digunakan brand ternama,Bahaya tentu akan datang jika masyarakat menyambut baik dan mulai menyukai sistem operasi Android ini. Bahkan, bisa membuat daya gedor Blackberry berkurang bahkan membuat harganya semakin turun.
Bobby salah satu Account Executive (AE) di salah satu media cetak memiliki opini dimana kebutuhan akan ponsel BlackBerry sampai saat ini masih dibutuhkan untuk sarana komunikasi. Apalagi dengan banyaknya provider menawarkan paket data yang menarik sehingga bisa menikmati internetan dan lainya secara lebih mudah.
Beberapa pedagang gerai ponsel yang menjual BlackBerry mengaku bahwa kehadiran ponsel dengan sistem operasi semakin banyak, tetapi BlackBerry tetap ada penikmatnya tersendiri dan dari segi penjualan masih tergolong laku. Dengan kata lain walaupun harga BlackBerry yang kian turun namun bisa dikatakan tetap dapat bertahan kuat beberapa waktu ke depan karena adanya fitur yang belum ada di sistem operasi lain.
Kebutuhan calon pembeli ponsel khususnya yang sudah memiliki sistem operasi kini memang sudah banyak. Apalagi dengan kehadiran OS Android yang semakin berkembang. Namun beberapa calon pembeli masih banyak yang tertarik dengan Blackberry.
Belakangan id pasar tanah air, produk ponsel pintar BlackBerry mengalami penurunan harga. Tentu untuk para calon pembeli yang sedikit ketat dalam hal keuangan, ini bisa menjadi berita bahagia untuk bisa memiliki ponsel BlackBerry.
Tapi ternyata ada pula yang menyukai Android namun memilih BlackBerry. Seperti kasus Azam pelajar penyuka teknologi ini “ Wah, jika harus memilih sendiri saya lebih memilih Android, karena bisa mendapatkan banyak hal menggunakan Android, namun karena disekolah lebih banyak teman yang menggunakan BlackBerry, lalu BlackBerry Messenger-an sehingga saya jadi sering ketinggalan informasi sehingga mau tidak mau pilihan jatuh pada BlackBerry Gemini saya sekarang ini,” ujar Azam.
Penurunan harga ini untuk beberapa calon pembeli yang memang mengincar BlackBerry mendapat respon yang baik. Sangat tertarik untuk membeli BlackBerry, Adhimas, seorang karyawan swasta berharap penurunan harga dari ponsel BlackBerry bisa terus mengalami penurunan sehingga semakin terjangkau.
Berikut beberapa ponsel BlackBerry yang terbaru dan juga banyak dicari calon pembelinya :
Blackberry Curve 8520 Gemini
Seri Blackberry ini tergolong salah satu yang murah dan banyak dicari para pembeli, fasilitas andalan seperti Fasilitas BBM ( BlackBerry Messenger) tetap hadir. Dan yang tidak boleh ketinggalan yakni kamera 2 Megapiksel , Wi-fi, serta prosesor 512 MHz.
Harga sebelum Rp. 1.920.000
Harga Sekaragn :Rp. 1.775.000
Fitur: Kamera 2megapiksel, OS Blackberry, Wi-Fi, prosesor 512 MHZ, radio FM, player musik/ video, trackpad
Selisih harga memang tidak terlalu besar namun sifatnya berlanjut cukup sering sehingga dalam waktu dekat harga pasaran BlackBerry bisa terus mengalami penurunan harga.
BlackBerry Onyx 2 9780
Onyx 2, yang dari spesifikasi sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan versi pertamanya. Seri ini sudah menggunakan sistem operasi BlackBerry OS 6. Kapasitas RAM-nya pun 512MB atau dua ali lebih besar. Kameranya saja sudah sampai 5 MP sedangkan Onyx pertama hanya 3,2 megapiksel.
Harga sebelum Rp 3.875.000
Harga Sekarang Rp 3.650.000
Fitur
Kamera 5megapiksel, OS Blackberry 6.0, Wi-Fi, 624 MHz processor, player musik/ video, trackpad
BlackBerry Torch 9800
Mengusung konsep Slider dimana anda dapat menikmati layar touchscreen dan juga keypad Qwerty. Produk anyar ini mengalami penurunan yang tidak terlalu signifikan jika yaitu hanya RP 50.000 saja
Harga sebelum Rp 4.600.000
Harga Sekarang Rp 4.550.000
Fitur
Kamera 5megapiksel, OS Blackberry, Wi-Fi, 624 MHz processor, player musik/ video, Document viewer (Word, Excel, PowerPoint).
BlackBerry Pearl 9105
Dari semua ponsel BlackBerry yang mengalami penurunan harga. Selisih yang paling besar paling besar sangat terlihat pada seri BlackBerry Pearl 9105 ini, dimana hingga 300 ribu.
Harga sebelum Rp 2.200.000
Harga Sekarang Rp 1.900.000.
Fitur Kamera 5megapiksel, OS Blackberry, Wi-Fi, 624 MHz processor, player musik/ video, Document editor (Word, Excel, PowerPoint, PDF)
BlackBerry Curve 3G 9300
Untuk seri curve 3G 9300 ini tidak mengalami perubahan besar dibandingkan seri lainnya. Hanya saja kali ini sudah disematkan teknologi 3G yang tidak ada di 8520 gemini, 8320 dan 8310 yang masih terbatas pada EDGE. Fasilitas kamera curve 3G ini umum ada yakni 2 megapiksel.
Harga sebelum Rp 2.525.000
Harga Sekarang Rp 2.475.000.
Fitur Kamera 2megapiksel, OS Blackberry 5.0, Wi-Fi, internal memori 256 MB RAM, 256 MB ROM, player musik/ video, Document editor (Word, Excel, PowerPoint, PDF)

Yang paling menyambut penurunan harga BlackBerry adalah pelajar dan mahasiswa yang ingin memiliki BlackBerry. Selain fitur BBM yang memudahkan mereka bersosialisasi namun juga sebagai gaya hidup. Nisa, mahasiswi salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta senang jika BlackBerry suatu saat bisa pada tahap sebagai ponsel pintar yang terjangkau untuk kalangan pelajar dan mahasiswa.

PULSA melihat merosotnya harga BlackBerry dikarenakan banyaknya ponsel pintar dan beragam mencoba merayu pasar. Efek Android seakan makin terasa, buktinya yakni banyaknya ponsel branded yang bermain sistem operasi besutan google ini. Apalagi peminat Android di tahun 2011 semakin banyak menjadikan posisi BlackBerry cukup terancam.dan semakin membuat pamor BlackBerry semakin meredup.

Lalu bagaimana dampak dari turunnya harga BlackBerry? Apakah Anda tertarik untuk membeli BlackBerry atau bahkan beralih untuk membeli ponsel lain seperti Android, Symbian, dan sistem operasi lainnya.


Sumber : (RedaksiPULSA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar